Artikel

Math Creation, Inovasi Pembelajaran di SMP Pupuk Kujang

MathCreation, Negative to Positive Paradigm.

MathCreation ini adalah kumpulan permainan per materimatematika untuk SMP kelas 8 dan 9. Math Creation, sayaambil karena misi saya mengubah paradigma siswa terhadap mata pelajaranMatematika (Math) dan saya meyakini permainan yang saya kumpulkan adalahsebuah kreasi (Creation) dari pemikiran saya atas peran saya menjadiguru selama ini.

Permainanpada Math Creation ini berorientasi pada mengubah paradigmanegatif siswa dengan tetap berorientasi pula pada membangun pemahaman konsepmateri yang komprehensif untuk siswa. Permainan pada Math Creationini cukup bervariatif, ada permainan yang menjadi permainan spesifik materitertentu, ada permainan yang bersifat universal, artinya dapat diaplikasikanpada materi matematika apapun dan ada permainan yang bersifat sebagai alatevaluasi belajar siswa.

Denganide pada Math Creation ini, guru bisa memberikan pengalamanbelajar siswa yang menarik yaitu pembelajaran dengan permainan dan tentunyasambil bermain secara tidak sadar, sebenarnya guru sedang membangun pemahamansiswa tentang materi yang diajarkan. Atmosfer di kelas akan jadi berubah, yangtadinya belajar matematika itu serius atau hening, menjadi lebih cair, siswatidak takut dan sungkan dalam bertanya, siswa akan merasa asyik, nyaman dantidak merasa terbebani dalam belajarnya.

MathCreation ini dapat dijadikan rekomendasi dan dapatdipergunakan pada pembelajaran matematika di kelas dalam upaya menerapkanpembelajaran yang berdeferensiasi dan berpusat pada siswa. Tentunya upaya iniadalah untuk merubah asumsi-asumsi dan paradigma negatif siswa terhadappelajaran matematika. Harapannya paradigma negatif siswa akan berubah menjadiparadigma positif dengan Math Creation ini. Math Creation,Negative to Positive Paradigm.

You May Like